Minggu, 15 September 2013

ISLAMI ( Keberkahan dan Keuntungan Sholat )




Keberkahan dan Keuntungan Sholat

Dari Abu Qatadah bin Rib'iy r.a., Rosulullah saw bersabda, "Allah SWT berfirman,

"Sesungguhnya Aku mewajibkan kepada umatmu sholat lima waktu, dan aku berjanji dengan diri-Ku bahwa barang siapa menjaga sholatnya tepat pada waktunya, pasti Aku masukan ia kedalam surga dengan jaminan-Ku. Dan barang siapa tidak menjaga sholatnya, maka tidak ada jaminan baginya." (Abu Dawud, Ibnu Majah - Durrul - Mantsur )."

dalam hadist lainnnya  dengan jelas diterangkan bahwa Allah SWT, telah mewajibkan kepada kita sholat lima waktu dalam sehari semalam. Barangsiapa tidak berbuat kelalaian sedikitpun, berwudhu dengan sempurna, sholat pada waktunya, dan mendirikannya dengan khusu' dan khudu' maka Allah SWT menjanjikan untuk memasukkannya ke dalam surga. Dan barangsiapa yang tidak melaksanakan hal ini, maka Allah SWT tidak menjanjikan surga baginya. Mungkin ia akan diampuni atau akan diadzab. 

Begitu besar keutamaan sholat, sehingga dengan mempedulikannya, seseorang termasuk kedalam janji dan jaminan Allah SWT.

Syaqiq Balkhi rah.a., (seorang syaikh dan ahli sufi ) berkata !!
Kita akan mendapat lima hal melalui lima cara :
  1. Keberkahan rizki diperoleh melalui sholat Dhuha
  2. Cahaya kubur melalui Tahajud
  3. Mudah menjawab pertanyaan Munkar dan Nakir melalui Tilawat Al-Quran
  4. Mudah melewati shirat melalui shaum dan sedekah
  5. Mendapat perlindungan Arsy Ilahi Hisab melalui Dzikrullah. 
Bnayak hadist  yang menerangkan dan menegaskan tentang keberkahan dan keuntungan sholat. Berikut merupakan beberapa terjemahan hadist mengenai keberkahan sholat.
  1. Perintah pertama yang diwajibkan Allah terhadap umatku ialah sholat. Dan yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat ialah sholat.
  2. Takutlah kepada Allah dalam masalah sholat, Takutlah kepada Allah dalam masalah sholat, Takutlah kepada Allah dalam masalah sholat,  
  3. Pemisah antara seseorang dengan syrik adalah sholat
  4. Sholat adalah tanda islam. Barang siapa sholat dengan khusyu', tepat pada waktunya dan memperhatikan rukun serta sunah-sunahnya, pastilah ia seorang mukmin.
  5. Diantara seluruh perintah Allah, iman dan sholat adalah kewajiban yang paling utama. Jika ada sesuatu yang lebih baik daripada itu, Allah akan memerintahkan para malaikat-Nya, yang sebagian diantara mereka pada siang dan pada malam hari ada yang senantiasa ruku' dan sebagian yang lain ada yang harus bersujud.
  6. Sholat adalah tiang agama
  7. Sholat menghitamkan wajah Syaitan
  8. Sholat adalah Nur bagi orang-orang yang beriman
  9. Sholat adalah jihat yang paling utama
  10. Selama seseorang memperhatikan sholatnya, Allah tidak akan mengabaikannya. dan jika ia berpaling dari sholatnya, maka Allah akan mengalihkan perhatian-Nya
Banyak sekali hadist yang menjelaskan tentang keutamaan sholat. Sepuluh (10) dari sekian banyak hadist yang saya tuliskan tersebut menjelaskan bahwa Sholat merupakan kekayaan yang sangat berharga.

Semoga apa yang saya tuliskan disini tentang Keberkahan dan Keuntungan Sholat bermanfaat untuk kita semua. Masih banyak hadist yang menjelaskan tentang Keberkahan dan Keuntungan Sholat  yang belum saya tuliskan, dan dengan mengharapkan ridho Allah, dilain waktu insyaallah akan saya lanjutkan kembali. 

Wasalam 

Sumber : Himpunan Fadhilah Amal
Oleh : Maulana Muhammad Zakariyya, al-Kandahlawi Raha.a.
Penerbit : ASH-Shaff

Tidak ada komentar:

Posting Komentar