Kamis, 05 September 2013

NORMA

Manusia sebagai makhluk sosial mempunyai peran penting dalam bermasyaarakat, yaitu menyelesaikan suatu permasalahan yang sulit bahkan tidak bisa dilakukan sendiri. Dengan memahami peran tersebut manusia akan memiliki pandangan yang lebih luas dalam berbagai bidang, serta lebih memberikan perhatian yang lebih jauh terhadap pentingnya hidup bermasyarakat.

Pada masa lampau manusia hidup berkelompok, mereka selalu menganggap bahwa mereka tidak bisa hidup tanpa ada bantuan orang lain, sedangkan pada zaman modern seperti saat sekarang ini telah terjadi krisis kebersamaan atau krisis sosial yang lebih mengutamakan individualisme.

Sebagai makhluk sosial, manusia dituntut mampu mengatasi segala permasalahan yang timbul sebagai hasil dari interaksi sosial. Selain itu, di tuntut mampu menampilakan diri sesuai dengan aturan atau norma yang berlaku.

Dalam kehidupan sehari-hari manusia dalam berinteraksi dipandu oleh nilai-nilai dan dibatasi oleh norma-norma dalam kehidupan sosial. Norma dan nilai pada awalnya muncul secara tidak sengaja karena kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial dan harus berinteraksi dengan yang lain menuntut adanya suatu pedoman. Dengan demikian, pedoman tersebut menjadi sebuah norma.

Pada awalnya, norma merupakan suatu petunjuk yang dipakai oleh beberpa orang saja, namun lambat laun petunjuk tersebut disepakati secara bersama sebagai pedoman dalam bertingkah laku. Dengan adanya norma dimaksudkan agar seseorang tidak bertingkah laku sesuka hatinya dalam kehidupan bermasyarakat, dan dengan norma membuat seseorang berfikir terhadap tingkah laku yang akan diperbuat, terlebih didalam norma terdapat sanksi bagi yang melanggarnya

Dalam suatu bentuk kebudayaan terkandung segenap norma, yaitu ketentuan-ketentuan masyarakat yang terdapat sanksi atau hukuman yang dijatuhkan apabila terjadi pelanggaran. Norma-norma itu mengandung kebiasaan-kebiasaan hidup, adat istiadat atau adat kebiasaan.
Norma adalah kaidah atau aturan yang disepakati dan memberi pedoman bagi pelaku para anggotanya dalam mewujudkan sesuatu yang dianggap baik dan diinginkan.

Berikut macam-macam norma :
  1. Norma Keluarga
  2. Norma Agama
  3. Norma Kesusilaan
  4. Norma Kesopanan
  5. Norma Hukuman
  6. Norma Fundamental Pancasila

Mari tingkatkan kesadaran untuk mentaati norma-norma yang berlaku dalam masyarakat, karena dengan mentaati norma-norma yang ada, akan menciptakan suatu kedamaian, keharmonisan, dan ketertiban yang menjadi harapan kita semua sebagai warga negara INDONESIA

Sumber : Yudi Suparyanto
                Beberapa Norma di Indonesaia.
Penerbit : Cempaka Putih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar